Kamis, 28 Desember 2017

14 Pramuwisata Akan Hadir Layani Wisatawan Saribu Rumah Gadang

Informasi Terbaru - Usaha lebih keras dan tidak main - main ditunjukkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk peningkatan wisatawan. 

Keseriusan ini dibuktikan dengan telah adanya persiapan 14 orang Pramuwisata (Pemandu Wisata) di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG).

“Ini merupakan hasil evaluasi dari acara workshop pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme kawasan SRG selama dua hari (19-20/12/2017) di Wisma Umi Kalsum. Kami merasa perlu untuk mempersiapkan pramuwisata hingga adanya organisasi pemandu wisata permanen di kawasan SRG,” ujar Kepala Bidang Pengembangan dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Budaya Solok Selatan, Denny Yuliandra di Padang Aro, Jumat (22/12/2017).

Denny Yuliandra menjelaskan langkah ini diperlukan sebagai antisipasi dari Pemda supaya tidak ada lagi wisatawan yang berkunjung yang tidak mendapatkan informasi mengenai Kawasan SRG.

Seluruh pramuwisata tersebut berasal dari Tenaga Kerja Daerah (TKD), setiap harinya akan ada dua orang yang bertugas mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB dengan posko pada Kantor Balai Pemuda Koto Baru.

Pramuwisata tersebut nantinya akan memandu wisatawan baik rombongan maupun perorangan yang berkunjung. 

Sehingga mereka juga akan memberikan penjelasan segala hal yang terkait dengan kawasan SRG hingga fasilitas penginapan, kuliner, oleh-oleh dan lain-lain. 

“Setiap pramuwisata yang bertugas harus membuat laporan pelaksanaan tugas setiap harinya,” tambah Denny.

Denny Yuliandra berharap akan ada organisasi pemandu wisata profesional yang muncul dari kawasan SRG sendiri. 

Terutama dari Kelompok Sadar Wisata SRG yang selama ini ia nilai kurang berfungsi dan tidak berjalan. 

0 komentar:

Posting Komentar