Selasa, 20 Agustus 2013

Kunci Utama Menjadi Make Up Artist Adalah Memahami Struktur Wajah

Author: Tia Agnes Astuti, Detik Hot. | Re Edited By: Ucup_Mardhiono.

Keahlian dan kreativitas yang luar biasa para Make Up Artists memang wajib di acungi jempol


Darwyn Tse
Darwyn Tse

Untuk peran horor pastinya sangat susah di bikin Make Up yang benar - benar secara detil membentuk karakter. 

Akan tetapi, kira - kira tahukah kamu apa kunci utama untuk kamu bisa menjadi seorang Artistic Make Up ?

Darwyn Tse, program director Artistic Make Up di LaSalle College International Jakarta menyampaikan bahwa morfologi wajah merupakan pada dasarnya materi utama yang wajib di kuasai.

“Sebelum aplikasi praktik ke Make Up Artist, harus dipelajari dulu bentuk - bentuk wajah,” katanya kepada detikHOT di kantornya di Sahid Office Boutique Unit D - F kawasan Hotel Sahid Jaya, Jumat (17/8/2013).

Kenapa Morfologi wajah merupakan teknik dasar ? Karena sebagai awalan untuk menentukan lokasi shading, blush on, serta bagaimana menciptakan alis yang baik terhadap bentuk wajah. 

Walau demikian, Darwyn Tse menyampaikan bahwa sebelumnya para siswa yang belajar di kelasnya harus mengetahui tentang sejarah Make Up dari masa ke masa.

Make Up history yang tercatat itu dari Mesir. Dari situ, belajar evolusi Make Up. Kita ajari tren - trennya. Bahan - bahan apa saja yang dipakai saat dulu dan sekarang seperti apa,” katanya.

Mantan MAC Cosmetics Training and Development Manager MAC Cosmetics ini juga mengatakan materi berikutnya mengenai pengenalan alat - alat Artistic Make Up, brand - brand yang ada di Indonesia dan brand apa saja yang bisa di gunakan berbarengan.

Selain itu adalah pelajaran mengenai etika seorang Make Up Artist profesional. “Ini yang terpenting,” ujarnya.

Dalam teori mengenai etika, seorang Make Up Artist disarankan untuk menurunkan ego yang ada dalam dirinya. 

“Harus pinter beradaptasi dan humble. Jangan karena merasa oh gue make up artist ini trus ngerasa paling bisa dan pinter".

Di program Artistic Make Up Laselle College International sendiri memiliki dua modul bagi siswanya. 

Pertama, untuk modul 1 adalah pembelajaran dasarnya. Dilanjutkan modul 2 bagi Make Up Artist yang ingin belajar mengenai seni Make Up untuk di sinema, panggung maupun teater, televisi, hingga make up fantasy.

“Dari materi live theater lanjut ke sinema, lalu ke spesial effect. Karena ada yang dua dimensi dan tiga dimensi seperti penggunaan lateks, wax, hingga teknik yang lebih bagus lagi pakai prostetik,” kata Darwyn.

Meski biaya pelatihan ini sekitar Rp 23 juta per satu modul, tapi menurut Darwyn Tse itu adalah harga yang setimpal. Ditambah dengan return investment yang didapatkan siswa.

“Bisa dibilang ini adalah jurusan terfavorit. Satu kelas hanya 15 orang, tapi itu dilihat dari populasi di Indonesia, yang pecinta Fashion dan Make Up tak sebanding,” kata Head of Admission Marketing Promotion LaSalle College, Douwes Lasmana.

Pembukaan pendaftaran siswa yakni tiga kali dalam setahun. Program Artistic Make Up selalu diminati masyarakat. Bahkan banyak di antaranya yang harus menunggu hingga sesi modul berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar