Rabu, 06 Juli 2011

Mendekatkan Yang Jauh Dan Menjauhkan Yang Dekat Akibat Smartphone

Author: Pritania Titaz

Coba kamu simak dengan serius untuk cuplikan percakapan berikut ini:

A             : Pergi jam berapa?
B             : Hah…?
A             : Janji meetingnya jam berapa?
B             : Apaan???
A             : Mau pergi bareng atau tidak, saya juga mau ke daerah itu?
B             : Sebentar deh.
A             : Iya, tapi mau perginya jam berapa?
B             : Hmmm..
A             : Naik taksi saja bagaimana?
B             : Ya terserah saja.
A             : Ayo berangkat..
B             : Apa..??
A             : Ayo!!
B             : Hmmm… ?
A             : (saya pun memilih pergi duluan dan meninggalkannya)
B             : Hey, mau kemana?
A             :
Meeting.
B             : Kapan? Kemana?
A             : Saya sudah ajak kamu dari tadi.
B             : Hah? Iya ya? Masa sih?

Apakah kamu pernah mengalami hal seperti di contohkan di atas? Atau pernah melihat kisah seperti itu? Orang yang terlalu asik dengan smartphone hingga jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya? Pasti pernah kan…. terlalu asyik chat dengan kerabatnya yang berada di lokasi berbeda hingga tidak bersosialisasi dengan orang yang sedang ada bersamanya. Banyak orang menyebut dengan istilah ‘autis’ tetapi sepertinya lebih tepat dengan istilah ‘asosial’ yaitu dimana keadaan seseorang menjadi tidak peduli dengan keadaan sekitarnya.

Smartphone adalah ponsel pintar yang memiliki fungsi awal untuk memudahkan orang berkomunikasi lebih dari sekedar telepon atau SMS dan mengakses juga mengirim data. Fitur-fitur pendukung yang terdapat dalam smartphone sangat berguna untuk para pebisnis, tapi bagaimana jika smartphone dipakai oleh kalangan biasa? Pasti banyak fitur yang tidak terpakai, bukan? Smartphone kini mulai pergeseran fungsi yang salah satunya mengakibatkan si pengguna menjadi sibuk dengan dirinya sendiri.

Dulu orang tidak pernah berhenti mengirimkan Bulk SMS, dering Bulk SMS ponsel tidak pernah berhenti. Bahkan jika momen tertentu misalnya saat hari raya atau tahun baru, semua berbondong – bondong mengirimkan SMS Gateway berupa ucapan yang sudah di format dengan baik.

Perkembangan teknologi begitu cepat hingga orang – orang mungkin belum siap menerima kemajuan pesat tersebut. Chat grup masuk bertubi – tubi sudah seperti Bulk SMS bahkan semakin membuat orang tidak peduli dengan sekitarnya, bahkan mungkin juga tidak tahu kabar orang yang tinggal serumah dengannya.

Tidak salah mengikuti kemajuan perkembangan zaman namun harus dibarengi kecerdasan intelektual agar kehidupan sosial juga seimbang. Memiliki percakapan yang panjang dengan teman lama boleh – boleh saja, namun jangan sampai dengan orang berada dekat dengan kamu secara fisik justru tidak saling menyapa.

* Janganlah kamu tahan - tahan keinginan membeli barang apa pun, karena dapat lihat di: Busana Wanita.

0 komentar:

Posting Komentar