Selasa, 31 Mei 2011

Produsen Handphone Membantah Bahwa Radiasi Ponsel Dapat Menyebabkan Kanker

Author: Fino Yurio Kristo - detikinet

Washington - Memang organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah mengumumkan hasil riset terbaru mengungkapkan Radiasi Ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Akan tetapi pengumuman WHO ini memicu reaksi dari badan industri telekomunikasi dunia, CTIA - The Wireless Association.

CTIA menyatakan bahwa WHO mengeluarkan kesimpulan tersebut berdasarkan berbagai macam review dan tidak hanya terbatas pada Jual Handphone saja. Sebelumnya, kesimpulan yang sama juga diterapkan pada kopi dan sayuran yang di awetkan.

Radiasi Ponsel

Dalam pernyataannya, CTIA mengemukakan kalau klasifikasi WHO itu tidak berarti Handphone dapat menyebabkan kanker. Sebab hanya terdapat bukti terbatas dari studi statistik tentang korelasi tersebut, yang mungkin juga di sebabkan data yang bias dan tidak benar.

WHO sendiri menyatakan, penggunaan ponsel dan perangkat komunikasi lainnya mungkin menyebabkan kanker terkait keberadaan frekuensi radio elektromagnetik yang dihasilkan. Kesimpulan itu berdasarkan penelitian International Agency for Research on Cancer (IARC)

Grup pakar terkait telah mengadakan pertemuan di Perancis selama 8 hari dan mencapai klasifikasi ponsel dapat menyebabkan kanker. Namun menurut CTIA, IARC tidak melakukan riset yang baru namun hanya mereview studi lama yang telah di publikasikan.

Agar memperkuat argumennya, CTIA juga menggaris bawahi bahwa US Federal Communications Commission menyimpulkan tidak ada bukti tepat dan ilmiah yang membuktikan pemakaian Jual Handphone bisa menimbulkan kanker.

Sedangkan lembaga US Food and Drug Administration menyatakan bahwa bukti - bukti ilmiah memaparkan tidak ada kaitan antara Jual Handphone dengan Gangguan Kesehatan. Demikianlah seperti di lansir AFP dan di kutip detikINET, Rabu (1/6/2011).

0 komentar:

Posting Komentar